ANTARA SUNNI DAN SYIAH


Posted on January 25th, by Republik Cinta Management in Keagamaan. 24 comments

Setelah menyelesaikan tugas rutin harian saya, mencipta lagu dan menemani anak-anak bermain, tiba-tiba mata saya tertuju kepada tumpukan buku yang dikirimi teman-teman saya soal agama. Saya pun duduk sejenak untuk membuka kiriman buku-buku itu, lalu tiba-tiba saya teringat soal perdebatan panjang dalam otak saya soal Sunni dan Syiah

Saya dibesarkan dalam ajaran SUNNI, ayah saya dan ayahnya ayah saya juga hidup di dunia ini tanpa pernah mengenal apa dan bagaimana SYIAH itu. Entah mereka tidak peduli atau mereka dapat informasi yang salah, tetapi akhirnya mereka mengatakan bahwa ajaran SYIAH itu sesat.

Agar saya tidak ikut-ikutan salah memahami SYIAH, saya pun disekolahkan di SD MUHAMMADYAH di Surabaya pada saat itu. Padahal setelah saya besar, saya mendapat informasi (entah benar atau salah) bahwa MUHAMMADiYAH itu adalah sekolah WAHABI (madzab Islam yang awalnya dikenalkan di Arab Saudi yang konon ajarannya paling keras).

Tapi saya yakin hingga kini ayah saya hanya berfikir simple, bahwa SD MUHAMMADiYAH adalah SD ISLAM, dan ayah saya mau anaknya menjadi ISLAMI. Saya akui cara mendidik ayah saya berhasil, saya sangat punya perhatian yang khusus terhadap ISLAM, bukan hanya karena ISLAM agama yang saya anut, tapi juga ISLAM dalam segala perspektifnya, mulai dari fiqih hingga filsafat ISLAM juga saya pelajari.

Dalam petualangan saya itu, saya mulai memahami soal sejarah nabi-nabi hingga sejarah pemikiran filosof-filosof yang mengantarkan saya juga sampai pada perdebatan soal wacana pemikiran SUNNI-SYIAH-WAHABI. Terus terang, meskipun saya dibesarkan dalam lingkungan WAHABI-SUNNI, hati saya terus menerus digerogoti rasa keingintahuan yang mendalam tentang ajaran SYIAH. Mungkin ini semua karena saat REZIM SOEHARTO jatuh, buku-buku soal SYIAH bisa beredar dengan luas dan akhirnya saya bisa membeli buku buku SYIAH tersebut dan bisa mengakses informasinya dengan lebih leluasa.

Sesuai Hati Nurani

Lalu apa pandangan saya soal Syiah? Dalam beberapa hal, konsep ajaran SYIAH ternyata sangat sesuai dengan hati nurani saya. Misalnya konsep tentang AYATULLAH. AYATULLAH adalah konsep mengenai seseorang yang dipilih dengan sangat ketat untuk bisa menjadi IMAM yang punya otorisasi terhadap hukum-hukum ISLAM bagi penganut SYIAH. Dalam ajaran SUNNI, kita mengenal adanya HADIST, sementara dalam ajaran SYIAH, FATWA-FATWA AYATULLAH adalah dasar-dasar hukum yang selalu bisa di up date oleh AYATULLAH berikutnya.

Artinya apa? Tidak ada hukum ISLAM yang ketinggalan jaman atau peristiwa yang sama sekali tidak ada payung hukumnya jika ditanya soal hal-hal tertentu. Pemahaman saya ini karena saya sudah bisa mengakses buku-buku tentang
SYIAH. Ada satu cerita menarik, dalam proses pencarian saya ini, saya akhirnya bisa bertemu dengan Tokoh-Tokoh SYIAH juga. Dari hasil dialektika yang terjadi, agak susah dibohongi hati ini untuk tidak mengatakan, mereka semua ternyata dari golongan high intellectual.

Dari pertemuan saya itu, saya yakin bahwa mereka bukan intelektual kelas kacangan. Seandainya saya sempat berjumpa dengan AYATULLAH KHOMEINI, pasti kekaguman saya makin besar dan membara. Baru lihat wajahnya di foto saja, saya sudah terkagum-kagum, apalagi kalau sempat bertemu. Dalam hati kecil saya lalu muncul pertanyaan, kenapa ya banyak orang yang menyesatkan ajaran Syiah? Padahal setahu saya, tidak ada satu pun manusia yang bisa menyesatkan umat ISLAM lainnya dengan dalih apapun karena kewenangan menyesatkan itu hanya ada di tangan TUHAN.

Atas dasar itulah saya SELALU tidak pernah sepaham dengan sebagian Umat ISLAM yang kerjaannya seenaknya sendiri menyesatkan aliran orang lain. Yang jelas, saya masih dalam taraf sedang ‘mempelajari’ SYIAH. Saya tegaskan bahwa saya belum menjadi SYIAH, entah akhirnya menjadi SYIAH dalam waktu besok, lusa, tahun depan, atau bahkan tidak sama sekali, WALLAHUA’LAM.





24 Responses to “ANTARA SUNNI DAN SYIAH”

  1. aldi. rosarizka says:

    rock, jazz, pop, dangdut dllnya, hanyalah kulit dari musik. Lalu megapa kita harus terpaku pada kulit bila memang musik ternyata adalah isi yg menyeluruh.

    Sunni atau syiah atau yg lainnya…. hanya kemasan yg ber-isikan pandangan seseorang tokoh terdahulu sbg pendirinya. Kemudian di ikuti oleh jamaahnya lalu berkembang dan mendunia.

    Beliau beliau itu memiliki latar belakang yg berbeda, cara memahami yg berbeda, pengalaman yg berbeda… jadi sah dan wajar bila seseorang mengunakan nurani dan keluasan wawasannya akan ‘mampu’ memahami semua ajaran…. bahkan bisa jadi mampu memahami ajaran lintas agama.

  2. No Coment Bae lah aku Belum tau tentang syiah…?

  3. adhy laode says:

    menurut mas dhani kewenangan menyesatkan ada ditangan TUHAN? atau di tangan ALLAH AZZA WA JALLA…satu-satunya TUHAN YANG BERHAQ DI SEMBAH…dan kalo soal sesat-menyesatkan, kafir mengkafirkan…mengapa syi’ah mengkafirkan para sahabat radyullahu anhuma…??? istri2 RASULULLAH SHOLALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM??? sehingga tinggal 7 orang yang tidak kafir, dari ratusan ribu sahabat??? menghina dan mengkafirkan para sahabat radhiullahu ‘anhuma, sama saja menghina RASULULLAH SHOLALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM…karena bila para sahabat hampir semua kafir, berarti RASULULLAH SHOLALLHU ‘ALAIHI WASSALAM gagal dalam tugas ke-Nabi annya…dalam arti kata lain tidak pantas menjadi Nabi….??? meminjam istilah mas dhani…”jika yang berhak menyesatkan hanyalah TUHAN” mengapa syi’ah bersikap begitu??? jelas yang di syi’ah manusia….atau mereka “TUHAN” menurt mas dhani…tp dalam wujud manusia mungkin???syi’ah bukan islam…dan pengikut syi’ah bukan muslim…WALLAHU TA’AALA A’LAM

  4. bukan timur dan bukan pula barat…

    selamat berkarya boss…

  5. arie says:

    SYIAH dan SUNNI sama- sama islam tinggal orangnya saja yang belum paham mana itu syariat, hakikat, tarikat dan makrifat…..bila sudah paham keempat tahapan belajar islam….insyaalaah tidak ada lagi yang merasa dirinya adalah golongan yang paling benar….

    • pencari kebenaran says:

      saya setuju dengan arie…orang masih membicarakan diluar ilmunay..dia belum mendalami islam secara kaffah..kajilah islam secara mendalam…kita baru tahu kulit sudah menghujat..Allah SWT tidak menginginkan itu…
      kalijalah syariat, hakikat, tarekat dan makrifat…anda akan menemui kedamaian dunia dan akherat…….

  6. Abduh says:

    La Sunni La Syi’i.. Nahnu Islam….

  7. @devilsbuddy says:

    syi’ah yg mana dulu, sunni yg mana dulu…kalau mau jadi syi’ah jadilah syi’ah yg tidak mencela sahabat & istri2 Nabi SAW seperti yg dicontohkan oleh Imam Ali KWJ

    kalau jadi sunni, pilihlah sunni yang cinta pada ahlul bait Nabi SAW, seperti yg di contohkan para Imam Mazhab terutama Imam Syafi’i

    cuma saya masih bertanya, adakah syiah saat ini yg tetap memuliakan sahabat & istri Nabi SAW? yang pernah kita dengan adalah syiah zaidiyah, masih adakah syi’ah zaidiyah saat ini?

  8. @devilsbuddy says:

    jika syiah adalah para pecinta ahlul bait, maka akulah syiah.
    jika syiah adalah ahlusysyirki & pencela para sahabat, maka aku bukan syiah.
    jika ‘ali saja pemaaf terhadap para sahabat, mengapa kita tidak.aku kagum pada akhlakmu wahai ali.
    tapi aku heran dgn akhlak orang2 yg mengaku-ngaku pngikutmu

  9. master ahmad dhani,ternyata pemikiran anda tidak sebotak kepala anda, isi kpala anda lebih berisi,
    terus lah kembangkan lagi ilmu mu bos

  10. langit says:

    tak ada yg salah dalam syiah dan tak ada kesesatan di dalamnya, jika kita mew bijak dan arif dalam mengkaji suati hal.

  11. budie utomo says:

    secara pribadi saya pun sebenarnya kagum dengan syiah, namun entahlah kenapa banyak orang yang membencinya, ya Allah Sang Maha Pencipta Takdir, putuskanlah takdirmu untuk menciptakan pimimpin dikalangan kami yang bisa menyatukan kami dalam menjalankan perintah Mu dan meninggalkan larangan Mu

  12. Ali Al Mujtaba says:

    Ane Ali Al Mujtaba bermubahalah “Syi’ah Ali adalah Islam yang paling murni yang berasal dari Rosululloh saww melalui ahlul baytnya yang suci! Yang menyatakan syi’ah sesat maka dialah yang sesat sedang yang menyatakan syi’ah kafir maka dialah yang kafir! Jika pernyataan ane ini salah maka Alloh akan memberi adzab pada ane dengan siksaan yang sangat pedih mulai detik ini juga sampai akhir hayat ane! Jika hal ini tidak terjadi maka penghujat syi’ah adalah musuh Alloh, Rosul, dan ahlul baytnya yang suci!

  13. Ali bin Abuthalib says:

    Saya dapat kabar kalau Anda pernah datang saat Hari Raya Ghandir (hari raya syiah; pengangkatan Ali sebagai pemimpin) di Taman Mini Indonesia Indah. ini hal baru bagi saya. selama ini saya kenal Anda sebagai Dhani yang Yahudi dan si pembela Mata satu. apa yang terjadi? apa Anda mulai menjauhi mata satu? ataukah anda mulai mengkaji kembali agama? atau apa? Anda orang cerdas, saya tahu itu. kemungkinan membuka diri pada satu yang baru adalah satu yang mungkin. lantas bagaimana perkembangan terkini atas keyakinan Anda? saya harap, saya bisa tahu mengenai apa yang sedang anda lakukan mengenai keyakinan agama ini. saya harap, berbagilah. bagaimanapun, saya menyimpan rekaman Anda tentang Dhani Yahudi dan saya tidak mau membicarakannya jika itu bukan lagi diri Anda.

  14. kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulu pekerjaannya cuma tukan smir sepatu pendapatan setiap hari tidak seberapa anak empat istri suda satu tahun menderita kesakitan biaya pengobatan tidak mampu kebetulan saya buka internet saya dapat nomornya MBAH JENGGOT kami lansung hubungi minta bantuan nomor ghoip hasil retual MBAH JENGGOT 4d nya,yaitu . {3481}.benar2 jitu 100% keluarga kami sangat bersukur berkat bantuan angka ghoip hasil retual MBAH JENGGOT sekali lagi terima kasih banyak MBAH JENGGOT keluarga kami, berhutan budi sama MBAH bagi teman teman yang kesulitan ekonomi hubungi lansung MBAH JENGGOT di nomor ; 0-8-2-3-3-4-4-4-3-1-1-1 MBAH akan memberikan angka ghoip 100% tembus

  15. nu says:

    seandainya mas Ahmad Dhani memperdalam Sunni atau yang disebut Ahlussunnah Waljama’ah (ASWAJA) yang sebenar2nya dan mengenal tokoh2 yg sebenar2nya tokoh dari kalangan Sunni, bukan yg abal2 seperti kebanyakan yg sering koar2 di televisi…

    mungkin akan lebih kagum dari mengagumi imam syi’ah Sayyid Ayatollah Ruhollah Khomeini :)

  16. ahlussunnah says:

    Pada dasarnya barang siapa yang telah berikrar 2 kalimah syahadat adalah muslim, akan tetapi ada suatu perbedaan pemikiran yang sangat mendasar antara sunny dan syiah, dan dimana pemikiran syiah yg mengkafirkan semua sahabat setelah nabi wafat, kecuali segelintir, hal itu sudah tidak relevan dengan alqur’an dimana Allah ridho kepada orang2 awal, dan mereka semua masuk golongan muslim.. Hal itu menyebabkan dr golongan sunni menyebut syiah itu sesat..

  17. setiadi says:

    SYIAH bukanlah ISLAM, SYIAH SESAAAAT…
    1. syiah mengkafirkan isri rosulullah yaitu Aisyah dan Hafshah. syiah mengkafir mertua beliau yaitu Abu Bakar dan Umar, syiah mengkafirkan menantu beliau yaitu Utsman Rodiallahuanhum. bukti SYIAH BOHONG CINTA AHLUL BAIT.
    2. Syiah meyakini bahwa Allah mengutus Jibril untuk membawa wahyu kepada Ali, namun Jibril keliru memberikan wahyu kepada Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam (Kitab Al Maniyatu wal Amal fii Syarhil Milal Wan Nahl 30). SYIAH BEGO GAK KETULUNG, Malaikat keliru katanya.
    3. Syi’ah meyakini bahwa Al Qur’an yang sekarang ada bukanlah Al Qur’an yang diturunkan kepada Muhammad shalllahu ‘alaihi wa sallam, bahkan sudah diganti, diberi tambahan, dan dikurangi. Muhaddits Syi’ah meyakini bahwa sudah ada perubahan dalam Al Qur’an sebagaimana disebutkan oleh An Nauri At Tabrasi dalam kitab Faslul Khitab fii Tahrifi Kitabi Rabbil Arbaab.
    4. syiah menganggap AhlusSunnah sbg nashibi yang Boleh dibunuh. SYIAH SADIS…
    5. syiah kalau masih minoritas mengusung Persatuan dan Damai, tapi kalau jadi mayoritas dan berkuasa, mereka menindas dan menumpas ahlussunah seperti di irak, suriah dan iran. hak mereka dirampas kaum syiah laknatullah.

    • mastulus says:

      Assalamualaikum, sebelum komen, ente akhsan belajar dan mengkaji dulu ya bung, siapa saja yang dimaksud ahlulbayt Rasulullah SAWW..
      Kalau asal komen, keliatan bodohnya sampean nanti..

      Wassalamualaikum.. :D

  18. setiadi says:

    SYIAH DICIPTAKAN OLEH ORANG YAHUDI yaitu Abdullah bin saba

    • mastulus says:

      Abdullah Bin Saba’ lagi yang diusung2..hehehehe..
      Yakin mas, kalo abdullah bin Saba’ itu faktanya memang benar2 ada??
      Atau sudah kehabisan bahan untuk memojokkan aliran/firqah saingan??

      :D

  19. LAHMADY says:

    ALLAH MENURUNKAN ILMUNYA PADA MUHAMMAD SAW
    MUHAMAD SAW MENURUNKAN ILMUNYA PADA IMAM ALI
    IMAM ALI DAN ISTRINYA FATIMAH AZ ZAHRA MENURUNKAN ILMUNYA PADA HUSSAN DAN HUSSAYN
    HUSSAYN MENURUNKAN ILMUNYA PADA IMAM JAINAL ABIDIN
    DAN SETERUSNYA………!!!!!!!

    MAJAB YANG MASS DANI PELAJARI SELAMA MASIH BERADA DALAM LINGKARAN SYIAH IMAMI /HLUL BAYT INSYA ALLAH AKAN MENDAPAT PETUNJUK YANG BAIK.

    BUKANKAH ALLAH TELAH MENEGASKAN JANGANLAH MENGIKITI SESUATU JIKA KAU TAK PUNYA PENGATAHUAN TENTANGNYA !!!!!!!!!!!!

    MAKA JIKA ADA YANG BILANG SYIAH ITU SESAT SESUNGGUHNYA PENGATAHUAN MEREKA TENTANG SYIAH SANGAT MINIM.

    MEREKA MEMAHAMI SYIAH ITU HANYA SATU SYIAH ITU BANYAK, BANYAKNYA SEPERTI BANYAKNYA JUGA SUNNI YANG TERPECAH2 !!!!! YANG PUNYA MAJAB BERBEDA2 !!!!

    MASS DANI SEMOGA MENJADI SYIAH YANG BAIK……..!!!!!!!!

    • mastulus says:

      Saya sangat menyukai orang2 yang berapi2 semangatnya dalam membela yang HAQ, dan menolak yang BATIL seperti antum :)
      Merdeka!!

Leave a Reply

*