HOLLYWOOD MENGAKUI KEHEBATAN ISLAM

Nonton film ROBIN HOOD PRINCE OF THIEVES, yang diperankan oleh Kevin Costner sebagai Robin Hood dan Morgan Freeman sebagai Azeem ( tawanan Arab yang setia kepada Robin Hood karena telah membebaskannya dari penjara ) sungguh menarik.

Ceritanya, mereka berdua sama-sama menjadi tawanan Arab di saat Perang Salib III. Dalam satu adegan saat mereka berhasil lolos dari Arab dan tiba di pantai Inggris, si Azeem ini mengeluarkan TELESKOP untuk melihat dari jauh keadaan serdadu Nottingham Inggris yang berniat menghampiri mereka berdua.

Saat itu juga Robin Hood terperangah dan bertanya kepada Azeem “ Apakah benda itu ?. Azeem menjawab dengan nada menyindir, ” Bagaimana kalian tanpa Ilmu pengetahuan bisa merebut JERUSALEM ? “
Tahun 90-an adalah awal kebangkitan kesadaran orang- orang Barat akan pentingnya kejujuran. Sebab selama ini bapak-bapak mereka seolah-olah menyembunyikan sejarah kejayaan Islam yang sesungguhnya telah memberikan sumbangan besar terhadap dasar-dasar Ilmu pengetahuan di Eropa setelah Perang Salib.

Dilihat dari ceritanya itu, film tersebut secara implisit hendak menunjukkan pentingnya kejujuran dari orang-orang Barat terhadap sumbangan besar Islam terhadap kemajuan peradaban Barat hingga saat ini yang tidak bisa dilihat sebelah mata.