TIDAK ADA PERSAMAAN DERAJAT SUAMI ISTRI


Posted on March 26th, by Republik Cinta Management in Keagamaan. 49 comments

Judul di atas adalah pelajaran yang saya terima dari guru- guru agama saya yang juga saya yakini kebenarannya. Ini juga salah satu sebab yang membuat perceraian saya dengan ibunya anak-anak.

INA ( singkatan ibunya anak-anak ) ngotot kalau SUAMI dan ISTRI itu sederajat. Sebagai hasil pemikiran pendapat INA itu sah-sah saja. Tapi kalau begini caranya, kita sudah beda agama dan lebih baik bercerai daripada saya tidak melaksanakan perintah Allah sebagai Imam di dunia, minimal Imam dalam keluarga.

Sebab saya berkali-kali diingatkan bahwa memang sebagian besar penghuni neraka adalah perempuan dan sebagian lagi adalah laki-laki yang tidak menjadi Imam dalam rumah tangganya. Tentunya saya tidak mau masuk neraka meskipun di sana banyak perempuannya.

Mungkin INA juga dapat dalil dari ustadznya bahwa laki- laki dan perempuan adalah sederajat dalam rumah tangga. Bisa saja demikian. Kalau bicara dalil masing- masing memang punya dalil, tapi pada kenyataannya memang laki-laki diberi kelebihan dari wanita soal LEADERSHIP. Maka lebih baik kita tangguhkan dulu dalil-dalil itu dan kita sambut fakta–fakta sebagai berikut:

  1. 1.      Tidak di turunkan NABI/ROSUL selain laki laki
  2. 2.      Semua penemu 99% laki laki
  3. 3.      Semua composer music klasik 100% laki laki

Melalui fakta-fakta tersebut, rumusan dalil-dalil di atas bisa berguguran sebaliknya fakta-fakta tersebut jelas tidak bisa disangkal. Jangan ngotot. LET’S GET REASONABLE.

Mungkin bisa saja terjadi wanita menjadi pemimpin rumah tangga, tentunya dengan kondisi kondisi istimewa yang kualifikasi pribadinya melebihi suaminya sendiri, misalnya ;

  1. 1.      Penghasilan istri lebih besar dari suami.
  2. 2.      Pengetahuan istri tentang ilmu agama dan ilmu dunia lebih banyak dari suami
  3. 3.      Suami sedang sakit.
  4. 4.      Dll yang mengisyaratkan perlunya istri menjadi pemimpin di dalam rumah tangga.

Tapi persoalannya itu semua tidak terjadi pada diri saya sebagai suami, sehingga boleh saya katakan “ saya lebih memilih akhirat daripada dunia “.





49 Responses to “TIDAK ADA PERSAMAAN DERAJAT SUAMI ISTRI”

  1. agus supriyadi says:

    saya sgt setuju bgt dgn kajian diatas,krn skr ni banyak pemikiran yg salah atas pengertian emansipasi wanita…

  2. Anna says:

    gak usah ngomongin persamaan derajat, yang penting suami istri bisa saling bahu membahu bekerja sama menciptakan keluarga yg sakiinah.LAki2 dan perempuan diberi anugerah kelebihan dan kekurangan msg2 u saling melengkapi.

  3. dini says:

    setuju sih. sebagai istri, ridhonya Allah ridhonya suami…

  4. ershad says:

    Sudah hukum alam bahwa ada pihak yg dipimpin dan ada pihak yg memimpin dalam sebuah organisasi. Tak terkecuali dalam organisasi rumah tangga.
    Tidak mungkin bisa semua pihak ingin menjadi pemimpin.
    atau semua pihak ingin menjadi yg dipimpin.

    Dibutuhkan komitmen untuk memilih menjadi pemipin atau menjadi yg dipimpin.
    Bila sudah berkomitmen,lakukanlah peran itu dengan baik.
    pemimpin mengayomi yg dipimpin, dan yg dipimpin mensupport pemimpin.
    Maka insya allah semua akan berjalan dengan lancar.

  5. aku says:

    Cieeeeee…. lagi mengenang ibunya anak2 niiii yeeeee…. udah lah mas… kalo kata temenku arek suroboyo, “Teklek kecemplung kalen” dari pada nyari2 gak jelas, mendingan balik mass… mudah2an dipermudah jalannya… amin…

  6. mamedesign says:

    Simple and correct, like this article.

  7. oppuszt says:

    kayanya gak gitu deh… :) ,
    mbak sherina munaf asik kok bikin musiknya,
    dan rata-rata “penemu” laki-laki itu 95% adalah wanita njih mboten mas..?guyon lho….ampun nesu ngih..?

    • Dara says:

      maaf tolong dibaca lebih teliti,, yg disebut Mas Dhani komposer “musik klasik”
      kayanya Sherina Munaf komposer lagu Pop deh

      • cucunya cicit buyut prabu siliwangi says:

        Ooo jadi komposer musik klasik lebih hebat dr komposer musik pop… *ngangguk2* *dara the virgin memang cerdas*

  8. adesia varadefa says:

    setuju klo laki2 itu imam dlm rmh tngga. jd istri hrs patuh pda suami.

  9. raga pati says:

    sebagai salah 1 aplikasinya.. imam sholat adalah laki2, dan ini bukan masalah gender.
    sebagai makmum wanita bisa saja mengingatkan saat ada kesalahan dari seorang imam. dalam hidup sunah hukumnya bgi istri utk bantu suami dlm
    cari nafkah dan mengambil keputusan, dan itu bukan berarti wanita SEDERAJAT dgn lelaki.. , sepakat mas dhani.

  10. viga says:

    Assalmualaikum, mampir komen mas. Kalau menurut pendapat saya disertai dengan keyakinan saya, sebelum memberi komentar saya sedikit bercerita dahulu. Saya ini seorang murid/salik dari salah satu syech yg mnurut saya masyhur dan bisa sampai menuntun saya di akherat nanti amin. Kalau keyakinan saya ilmu dari sang kiayi dapat sampai melalui perantara, walaupun para murid yg menyampaikan secara mulut ke mulut, tetapi ilmu/dawuh tersebut saya jadikan patokan dlm mngambil kputusan syariat dan saya yakini. Begini mas, mnurut pendapat saya antara laki2 dan perempuan itu sama derajat di sisi Alloh swt, nmun Alloh mmberi kelebihan yg berbeda2, sperti yg mas katakan bahwa laki2 sharusnya dan memang harus mnjadi pemimpin dari wanita walaupun hnya dlm lingkup rumah tangga. kemudian wanita nnti di akherat lebih banyak yg masuk neraka dsb. Itu mnurut saya dan saya yakin saat ini wanita msih blum bisa mnerima smua itu, kecuali dengan pandangan ilmu yg bukan hanya syariat saja. Menurut saya seorang Lelaki yg mmiliki kemampuan baik dari segi rohani/spiritual yg matang disertai kecukupan harta. Maka bagi para lelaki bisa dimanfaatkan untuk kebaikan, semua tingkah laku syariat dan tidak didasarkan nafsu itu boleh mas menurut saya. Sepanjang setiap sandungan dan langkah kita, kita pasrahkan pada guru Syech, saya yakin itu semua barokah hingga akherat nanti. AMiiiiiin

  11. fifi says:

    Ya memang begitu keadaannya,laki2 harus jadi imam atas istri dan anak2nya. Makanya jadi laki2 tanggung jaewabnya besar dunia dan akhirat..

  12. adi subadra says:

    Hmm… ????.?????..nice.. Post

  13. tri indah yanti says:

    salut buat ahmad dhani yg g sombong tp sedikit congkak jd itu bisa menjadi karakter dalam diri seorang ahmad dhani tp beranikah dhani mencalonkan jd presiden RI yg selanjut nya ……salam satu nyali wani !!!!!! by bonek simo

  14. arif says:

    Turut prihatin jika guru agama anda mengajarkan demkian, semua sama di hadapan Nya hanya ama yg membedakanyal. Siapakah yg membiayai nabi Muhamad ketika di awal kenabianya, bukankah beliau dulu bekerja juga pada seorang wanita pengusaha yg kaya raya yg kemudian di jadikan istrinya,??

    • Dara says:

      Saya lebih prihatin dengan anda. Baca sejarahnye lebih lengkap yah,,mungkin Khadijah RA memang membiayai Nabi Muhammad SAW, tapi tetap dalam konteks “Rumah Tangga” Rasulullah imam bagi Khadijah RA.

  15. bargesdaniel says:

    klu menrt saya,,,laki2 itu emg takdir ny diatas wanita,,dan bukn brarti juga laki2 sesuka hati sm wanita ny…saling menutupi itu lbh baik…

  16. dogmaphobia says:

    semua tergantung akar budaya… kalo udah ditanamkan wanita di bawah pria, ya begitulah seterusnya…
    dan kita menganutnya…

  17. aulia sajida says:

    Leres

  18. theya says:

    Setujuuuu….tapi harus ingat disamping suami yg hebat ada istri yg hebat…istri hebat bukan berarti ingin berkuasa dia yg selalu mendukung, membri masukan krna dia tahu apa kelemahan suami,disini diperlukan peran istri yg cerdas… Coba liat peran siti hajar, siti khadijah…..just sharing

  19. hajjar sidryan says:

    OM Dhani, suami istri dasarnya sudah jelas berbeda, tolenrasi yg utama dlm rumahtangga ;-) OM Dhani there’s no use pinpoint or blame games. Tiada jodoh dalam perkahwinan itu urusan Tuhan. Nobody’s perfect in this world.

  20. ayuri says:

    Setuju dng pendapatnya mas Dhani. Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, kita mungkin sederajat dalam amal dan perbuatan. Tetapi dlm r.t., suami, istri tidaklah sederajat. Senang atau tidak, suami adalah pemimpin. Yg mungkin diharapkan adalah pemimpin yg bertanggung jawab dan baik.

  21. dee says:

    Tulisannya cetek dangkal gak ilmiah haha.oya, ga tau metode dan metodologi ilmiah ya wajar.U think u are smart, actually u are not :P . well U loose MAIA and end up with Wulansari, So EAT IT!! why u still cannot accept the reality that U are a loser?! just accept that fact, and enjoy the great wife wulansari :P

    • mahesa says:

      Hahaha..klo utk urusan begini mah ga ada analisis metode dan metodologi ilmiah..yg ada justru harus mau bercermin pada sejarah2 di masa lalu dan kajian2 kitab suci..itu lbh reasonable..ya mudah2an dari tulisan ini bisa diambil hikmahnya,,meskipun ada sedikit ‘bias’ bagi yg ngga setuju.krn yg namanya “perbedaan’ itu Sunnatullah..^-^..

    • Dara says:

      Situ bilang tulisan ni cetek & gak ilmiah, tapi gag punya landasan ilmiah sendiri buat nyangkal tulisan Mas Dhani ini..yang gag ilmiah ya sampeyan toh…

  22. ayuri says:

    hahahaha… nice one, Ina. Ines, ibunya anak yg sekarang…..

  23. ichsan says:

    ga ono interupsi wis mas, setuju tok wis!

  24. MAky AHmad says:

    berbagai macam masalah dunia ini sebenarnya adalah sebuah anugerah Ilahi yang diberikan kepada makhluknya…namun kadang kita belum bisa menerima kenyataan ketika kita belum tau seberapa besar hikmah dari semua itu, bagi saya mas dhani benar, INA juga bener menurut mereka………..tp sebuah RT itu akan bisa berjalan searah seiring setujuan jika mereka mau saling sharing n mau maaf dan memaafkan….jka kita hanya mencari kebenaran yang itu menjadikan pertikaian…cari jalan laen..laki2 itu harus bisa “NGALAH NGALIH NGEMONG”..karena dia imam yang membawa penumpang keluarga…godluck mas DHani mga sukses selalu….

  25. louisha says:

    Bagus om. Semoga tante ina sadar bahwa laki2 sebagai pemimpin. Tp banyak juga perempuan yang sukses dalam memimpin rumah tangganya. Tp soal komposer musik klasik lebih banyak laki2 karena pd jaman itu perempuan mungkin msh dilarang dalam berkarya.

  26. louisha says:

    setuju kalo laki2 jd imam dalam rumah tangga. tp perlu di ingat yang lebih banyak berperan dalam rumah tangga adalah perempuan. semoga aja tante ina sadar dan om dhani juga sadar. jd gak usah saling berantem kasian tuh anak2nya.

  27. batangampleh says:

    biyungeee. Sampean blm ada apa apa mengenal hak…hakmu tak bertempat……

  28. M. Reza says:

    ass, pak de dhani is the meaning of : charismatic, superior, be regarded, talented he he he… bener pak de klo di akhirat bisa dapet bidadari yang cantiknya hasta la vista baby wkwkwk…. coba pak de sebutkan sapa wanita paling cantik di dunia itu cuma 1% dibandingkan bidadari di surga cantik 99% oke pak de…tapi di dunia juga harus ada pak de biar gak nyepi wkwkwkwkw..

  29. riland says:

    hahaha…setujuuu!! (btw, sy lebih suka pak De sm INA yg dulu…))

  30. Siti Nurtanzil says:

    good luck..but itu nabi or penemu asalnya dari perut ibu mas..kecuali nabi Adam kali yah…tapi pokoke takdir laki22 jadi pemimpin gitu loh ..jdi klo ada laki2 dipimpin ama perempuan..itu berarti..setengah laki..laki…

  31. DEVI says:

    The explanation is very reasonable

  32. fikar says:

    Benar begitu seharusnya. Kalo suami dapat di atur oleh istri bagaikan kerbau yg di colok hidungnya

  33. wima angkasa says:

    sederhana mas, tapi menginspiring sekali, saya menggurui anda sejak dulu, bahkan saya pernah bermimpi menjadi salah satu anggota rcm

  34. wima angkasa says:

    sederhana mas, tapi menginspiring sekali, saya menganggap anda sebagai guru sejak dulu, bahkan saya pernah bermimpi menjadi salah satu anggota rcm

  35. irvan says:

    Setuju …..pada hakikatnya suami memang sebagai Imam bagi keluarganya.

  36. Ella says:

    Tulisan yang amat sangat TIDAK BERBOBOT.
    Just my opinion. Thank you.

  37. someone says:

    You should re think about it! Boys and girls are actually the same!! Kalo baca buku Atau dengerin dakwah tu jangan setengah2. Dengerin Atau baca sampe selesai.

  38. someone says:

    Oya, satulagi. Kita diciptakan oleh Tuhan kita. So, kalo bergantung ya cuma sama Allah lah! Masa syech? Emang dia yang ngasih kita hidup? Haha. Mas mbak, di nalar ya. Masih punya otak kan? Dipake dong Biar Pinter. Jangan goblok terus. haha ngakak. Prihatin gue. Mikir jangan pake dengkul dong. Ckckck. Bergantung kepada selain Allah adalah SYIRIK!

  39. Dara says:

    Saya sepakat dengan tulisan Mas Dhani ini, kalo emansipasi wanita tu gag ada. Hawa diciptakan sebagai pelengkap, sebaliknya Adam bertugas melindungi Hawa. Fitrah bentuk tubuh & kecukupan logika saja berbeda. Toh wanita kalau lagi hamil ya ujung2nya minta (bukan nyuruh) dibeliin rujak sama suami, bukti bahwa pria pemimpin bagi wanita. Allaahu a’lam.

  40. cucunya cicit buyut prabu siliwangi says:

    Yaah klo soal derajat/posisi dlm r.t ga usah diperdebatkan lah…cuma soal argumentasinya doang yg janggal…jd intinya, lu tuh belegug salah milih wanita utk diperistri, atau (mantan) bini lu itu memang belegug mau sama lu? Soalnya lu kan gagal jd imam buat (mantan) bini lu coy, brarti lu ga lebih pinter dr doi kan? Katanya pemimpin, masa lu gagal meyakinkan (mantan) bini lu sndiri, bahkan dg dalil2 agama dan ajaran2 guru2 lu itu. Lalu berdalih, dg pilihan berpisah lu sukses mempertahankan prinsip lu buat bekel akherat…*ngakak*…gpp lah, yg pnting sukses jd bos rcm dan pnya duit bnyk, cewe mah gampiiil satujuuuu???

  41. Amelia says:

    Mentoati,,,,Menggakui,,,,membenarkan,,,meng-IYA kan,,,,
    Kita sbagai wanita harus melakukan 4 entu diatas kalo membicara kan tidak adanya persamaan derajat antara suami dan istri,,,,,,
    Eiitttzzz,,,, antara suami dan istri Yah, ,,,SUAMI AMA ISTRI
    Karna harus taat sama perundang-undangan yg allah swt buat,,,
    Bukan LAKI LAKI dan WANITA,,,,,
    Laki ama cwek mempunyai hak dan kewajiban yg sama di dunia akh,,,
    Toat ambe gusti allah :D

  42. JinBruttoWorth says:

    Bener kon Dhan….iki dalile wis cetho, “Arrijjalu Qowwamuna ‘alannisaa..” (Quran lho iki, udu contonge setan balthomet utowo tafsire israiliyat…). Laki-laki itu wajib sbg pelindung/penopang/pengayom wanita… plesetan Jokejane kuwi… sing nduwe jalu sopo seh? Yok Pejantan, ora liyo yoo para kaum ADAM yg adem iso ngayomi poro HAWA sing gampang panas… Kon sante nyambi nyate kambing wae, liyane ijik okeh sing gelem karo kowe…ijik ewon…milyaran…huaaa…huaaa……haaaa……guyon wae rex..rexx..rexxx….

  43. sing sabar yo mas dhani.
    Hidup mmg ujian kesabaran dan iman,,
    Mugo2 slamet dunyo aherat, dan di sadarkan INA .
    Menurut aku biarpun ini berat, mas dhani tlah benar dlm mengambil keputusan. Yo mugo2 INA gelem sadar atas kesalahan ne.
    Amin

Leave a Reply

*